Pengertian Hardisk

Perangkat Keras Hardware (Hardisk) - Apa Itu Hardisk? Hardisk adalah perangkat berupa media penyimpanan yang berbentuk piringan yang digunakan untuk menyimpan data-data dari sutau komputer. Hardisk atau yang dikenal dengan nama lain yaitu Hard Drive yang disingkat menjadi HD merupakan perangkat yang penting dalam komputer atau laptop, kenapa begitu? itu dikarenakan Hardsik sangat berperan penting dalam komputer yang disebabkan karena fungsinya terhadap komputer.

Hard Disk Drive (HDD) atau yang kita kenal adalah Hardisk menyediakann ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data-data yang ada dikomputer, selain itu perangkat Hardisk ini juga bersifat non-volatile memory yang artinya data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan atau dalam keadaan mati (Permanen). berbeda halnya dengan perangkat keras RAM, jika diperangkat keras RAM semua data yang tersimpan sementara pada RAM akan hilang ketika komputer dalam kondisi mati (off). Hardisk dan RAM memiliki sifat yang bertolak belakang.

Dalam sejarah Hardisk pertama kali dicimptakan pada tahun 1956 oleh perusahaan yang bernama IBM dan pada saat itu juga Hardisk diterima dan digunakan oleh masyarakat. Haedisk kini menjadi sebuah media standar penyimpanan pada komputer, sehingga perangkat keras penyimpanan Hardisk ini banyak digunakan disetiap server maupun PC.

Fungsi Hardisk

Hardisk mempunyai peran penting dalam dunia perkomputeran, berikut penjelasan fungsi dari perangkat keras Hardisk :

1. Menyimpan File Dalam Bermacam Format 

Fungsi utama dari Hardisk adalah untuk menimpan file milik pengguna atau user. peran tersebut bersamaan dengan kemampuan file dalam berbagai macam format atau jenis.
pada umumnya, pengguna akan menyimpan file berbasis doc, mvk, mp3,dan dokumen-dokumen yang bersifat virtual lainnya. Hardisk sendiri berperan seolah menjadi nyawa pada komputer karena perannya yang sangat penting pada komputer.

2. Menyimpan Data Untuk Aplikasi Dan Software

Hardisk juga mempunyai fungsi sebagai media penyimpanan file atau data yang berasal dari aplikasi, disaat pengguna komputer ingin menambahkan atau menginstal software dan aplikasi pendukung.
pasrikan sebuah Hardisk memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung berbagai macam perangkat lunak dan aplikasi yang berat, terutama kuantitas pada aplikasi yang berpasang juga sangat berpengaruh terhadap Hardisk.

3. Menyimpan Data Dari Operasi Sistem

Suatu operasi sistem contohnya seperti Windows dan lainnya membutuhkan ukuran space yang cukup besar  untuk meletakkan file dan data setelah terpasang. tanpa sebuah Hardisk maka sytem OS pada komputer tidak akan berjalan normal, Hardisk pada komputer maupun sytem komputer yang berkerja merupakan suatu perangkat yang benar-benar fungsinya sanagat besar dan dapat berpengaruh pada komputer apabila tidak memiliki Hardsik atau menggunakan Hardisk yang kapasitasnya rendah.

4. Sebagai Space Menyimpan Data

Hardisk juga memiliki fungsi lain yaitu untk menyimpan database, apa itu database? database atau basis data ini merupakan elemen utama dalam sistem komputer. Database ini sendiri disimpan pada HD di komputer dan menjadi pusat akses data bagi User atau Client. ini menjadi alasan utama kenapa basis data hanya disimpan di Hardisk sebuah komputer yang menjadi server.

5. Sebagai Sarana Back-Up

Sekarang ini banyak orang yang memanfaat kan Hardisk sebagai media bantuan  untuk menyimpan berbagai data-data atau file-file penting, Hardisk juga dapat menduplikasikan dokumen dan data-data yang penting milik anda serta menyimpan pada banyak tempat. cara ini dilakukan untuk mengecah kehilangannya file-file dan data-data yang penting milik anda.

Jenis-Jenis Hardisk 



Hardisk memiliki jenis-jenis  yang pastinya fungsi dan bentuk yang berbeda, ada berapa jenis ram dan apa fungsi-fungsinya? Hardisk mempunyai 2 jenis yaitu Hardisk Konvesional dan Hardisk Solid State Drive.  berikut ini pejelasan mengenai jenis-jenis Hardisk

1. HDD Konvesional



Hardisk tipe ini paling umum yang kita kenal yaitu Hardisk Konvesional, Hardik tipe ini banyak kita temui di pasaran dengan berbagai macam ukurannya, Hardisk Konvesional memiliki sebuah pingan cakram yang berbentuk seperti CD hanya saja ukurannya yang kecil. berfungsi untuk menyimpan data-data didalamnya. Hardisk Konvesional ini memiliki kelemahan yaitu data tahan atau durasibilitas, ini disebabkan karena komponen utama yang berputar ketika menyalin data dan membaca sebuah data.

2. Solid State Drive (SSD)



Ini merupakan jenis Hardisk kedua yang populer digunakan oleh pengguna komputer, SSD atau Solid State Drive. tipe ini berbeda dan bersifat tolak belakang dari HD Konvesional  karena tipe ini tidak memiliki piringan atau cakram untuk kinerjanya
Dari segi kecepatan membaca, kinerja HD SSD ini lebih cepat yang menjadikan alasan kenapa HD SSD lebih diminati dannbanyak digunakan oleh pengguna komputer dan juga menjadi alasan kenapa proses booting dan startup dapat berkerja dan berjalan dengan cepat.


jadi Hardisk tipe mana yang sedang dan seting kamu gunakan pada komputer atau laptop kamu? dan lalu apa keunggulan dari setiap jenis-jenis Hardisk yang kamu ketahuhi setelah membaca artikel tentang Hardisk ini?


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama