Motherboard Merupakan  Papan Induk (MOBO) - 
Apa itu Motherboard? Motherboard adalah tempat yang dimana digunakan untuk meletakkan komponen-komponen yang berfungsi pada komputer. Motherboard juga sering di sebut sebagai papan induk atau papan sirkuit, Motherboard sering dikenal dengan nama lain yaitu "Mobo" yang artinya "Induk". Motherboard kini banyak digunakan oleh sejuta manusia yang menggunakan komputer, Didunia per-Komputeran Motherboard sangat terkenal karena fungsinya yang berpengaruh pada jalannya sistem komputer. berikut ini Fungsi dari Motherboard :

Fungsi Motherboard

Motherboard ini berfungsi untuk meletakkan komponen komputer, mengatur pemberian daya listrik ,dan untuk menghubungkan semua komponen komputer yang terpasang. bukan hanya itu saja fungsi dari Motherboard ini. Motherboard juga berperan sebagai tulang belakang komputer, sebab Motherboard memiliki berbagai macam fungsi. selain dengan fungsi utamanya yaitu sebagai media penampung komponen pada komputer, Motherboard juga berfungsi untuk mengatur kkode basic input/output system (BIOS) pada chip read-only memory (ROM). dari Fungsi Motherboard itu sendiri pastinya memiliki Jenis-Jenis yang berbeda dan juga mempunyai pengaruh yang berbeda dari setiap jenis/merk Motherboard. Berikut ini Jenis-Jenis dari Motherboard :

Jenis-Jenis Motherboard

Motherboard mempunyai berbagai macam jenis dan bentuk, mengenali jenis motherboard yang anda miliki merupakan hal yang penting, terlebih saat kita yang akan membangun atau menguprage sebuah komputer. maka dari itu mari simak penjelasan berikut ini mengenai jenis-jenis Motherboard:

1.  AT (Advance Technologi



Motherboard AT adalah sebuah jenis motherboard yang pertama kali diperkenalkan oleh IBM pada agustus 1984,dan lalu dipergunakan secara luas pada tahun 1980-an. Motherboard jenis ini memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 12 x 13,8 inci. ukuran yang besar sehingga tidak muat di desktop mini.

 2. Micro-ATX



Motherboard Micro-ATX sama dengan jenis ATX, manfaat yang ditawarkan juga sama, yang membedakannya hanaya saja pada ukuran motherboard yang lebih kecil, yang membuat hal tersebut dilakukan dengan mengurangi jumlah slot I/O yang didukung oleh motherboard.

3. ATX (Advance Technology Extented)



Motherboard ATX adalah sebuah jenis motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada pertengahan tahun 1990-an yang merupakan sebuah peningkatan pada jenis motherboard sebelumnya yaitu AT.

Motherbiard ATX mengalami perubahan peningkatan pada kemudahan untuk menggunakannya, dalam hal instalasi, troubelshooting, dan menguprade. juga peningkatan pada I/O dan teknologi processor serta biaya produksi sistem.

4. BTX (Balance Technology Extended)



Motherboard BTX ini dikembangkan untuk mengurangi atau menghindari beberapa masalah yang muncul pada saat menggunakan teknologi terkini. teknologi yang lebih baru sekarang cendrung menggunakan daya yang lebih besar dan juga menghasilkan panas yang berlebihan. tidak seperti  motherboard jenis l;ainnya. BTX secara total melepaskan diri dari bentuk jenis ATX yang sekarang ini terkenal dan populer.

5. Mini-ITX(information Technology Extended)



Motherboard Mini ITX merupakan seuah jenis motherboard yang berdaya rendah dengan ukuran cukup kecil yaitu 17x17 cm, Mini ITX ini dirancang oleh VIA Technologies pada tahun 2001.
Motherboard Mini ITX ini diguynakan pada komputer yang memiliki bentuk yang kecil, selain itu motherboard jenis ini juga tidak menimbulkan panas yang berlebihan  karena menggunakan konsumsi daya yang rendah sehingga tidak membutuhkan kipas yang besar.


Sekarang kamu telah mengenal pengertian, fungsi yang jenis-jenis dari motherboard. yang harus diketahui bahwa Motherboard yang bagus adalah motherboard yang kompetibel dengan komponen-komponen yang ada pada komputer anda.

6. LPX (Low Profile Extended)



Motherboard Low Profile Extended ini diciptakan setelah Motherboard AT pada tahun 1990-an, Motherboard jenis ini dirancang untuk digunakan pada casing slim-line atau low profile yang memang didesain sedemikian rupa nya untuk mengurangi penggunaan space ruangan dan biaya.

hal yang membedakan Motherboard ini dengan yang jenis lainnya adalah riser card yang merupakan sebuah kartu yang dipasang tegak yang guna nya untuk memasang slot ekspansi., tujuannnya unutk mengurangi tinggi dari sebuah casing. karena umumnya tingi casing komputer dipengaruhi oleh kartu ekspansi, namun dengan demikian hal in sebenarnya tidak disarankan, karena dapat mempengaruhi sistem pendingin yang ada pada komputer.

Jadi yang manakah Jenis Motherboard yang sedang kamu juga kan di komputer kamu sakarang ini?
dari jenis-jenis Motherboard diatas pastinya setiap jenis juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, Tetapi itu tidak merubah Fungsi yang ada pada Motherboard. Apapun itu jenis nya tetap saja sama Fungsi dari Motherboard.





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama