RAM Merupakan Sebuah Perangkat Keras Komputer - Apa itu RAM? RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras  tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu tetap. RAM biasanya dikaitkan dengan DRAM yang merupakan jenis modul memori penyimpanan. RAM juga dikenal sebagai Memory, di kalangan zaman sekarang banyak yang menyebut RAM itu sebagai Memory atau Modul Memory.

Fungsi RAM (Random Access Memory)

RAM mempunyai fungsi sebagai penyimpan data secara sementara. Menyimpan data dari Hardisk dan menyuplai data untuk processor yang akam diproses. semakin besar kapasitas memory maka semakin cepat pula kerja suatu komputer.

Data yang tersimpan pada RAM atau modul memory ini tidak bersifat permanen, maka pada saat suatu komputer akan dilakukan instalasi mak data yang tersimpan di RAM atau Memory akan hilang, dikarenakan sifat RAM yang merupakan suatu media penyimpanan yan tidak Permanen. berbeda hal nya dengan Hardisk, jika Hardisk dilakukan instalasi, data yang tersimpan di komputer tetap ada, dikarenakan pula Hardisk bersifat Permanen.

Kecepatan dan kinerja komputer sebagian besar disebabkan oleh jumlah RAM atau Memory di komputer. jika komputer tidak memiliki cukup Memory untuk menjalankan sistem operasi dan program perangkat lunak yang digunakan, itu akan menghasilakn kinerja yang lebih lambat, semakin banyak pula Memory yang dimiliki suatu komputer, maka akan semakin banyak informasi dan perangkat lunak yang dapat dimuat dan diproses dangan cepat.

Jenis-Jenis RAM (Random Access Memory)

RAM mempunyai beberapa jenis yang berbeda-beda dan memiliki karakter yang pastinya berbeda-beda juga. ingin tau ada berapa jenis pada RAM? mari simak penjelasan berikut ini :

1. DRAM

Akses DRAM atau Access Memory merupakan jenis RAM yang dimiliki oleh komputer. untuk data atau kode suatu program yang sedang dijalankan dengan menggunakan processor, komputer ini menggunakan Modul Memory jenis ini. setiap Bit data atau kode program disimpan pada DRAM. penyimpanan pada DRAM ini tersusun atas kapasitor dan juga transistor.

DRAM memory ini pastinya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh DRAM Memory :

* Kelebihan pada DRAM
  • Desainnya sederhana
  • Kecepatannya lumayan baik
  • Biaya produksi lumayan rendah
* Kekurangan pada DRAM 
  • Mengonsumsi daya yang cukup tinggi

2. SDRAM



SDRAM atau Synchronous Dynamic Access Memory merupakan DRAM yang disesuaikan dengan sistem bus yang membentuk memori semikonduktor DRAM. kecepatannya antara 100Mhz-133Mhz.

SDRAM pada umumnya menyesuaikan dengan bus CPU, berjalan pada kecepatan 133Mhz, memiliki 3 kali kecepatan yang lebih besar dibandingkan dengan FPM RAM konvensional, memiliki 2 kali kecepatan lebih besar dibandingkan dengan EDO DRAM dan BEDO DRAM, pada umumnya perangkat komputer baru , SDRAM bekerja untuk EDO RAM.

3. SRAM



Akses SRAM atau Statis Akses Memory merupakan salah satu memori yang digunakan dalam penyimpanan data, metode yang digunakan adalah metode statistik. apa yang disetujui dengan metode statistik? Metode statistik adalah metode yang berarti "selama listrik tetap beralih ke chip memory datanya tidak akan mengalami perubahan".

berbeda halnya jika dengan DRAM yang pada umumnnya digunakan untuk memory utama pada komputer, SRAM ini digunakan pada praktik yang lebih kecil untuk buffer hard, drive, memory cache CPU, dan juga macam-macam alat elektronok lainnya yang bisa digunakan.

4. EDORAM



EDO atau Output Data yang diperpanjang Memory Akses merupakan Chip RAM yang memiliki fungsi untuk mengingkatkan pembacaan yang memerlukan dari memory pada mikroprocessor agar memiliki kecepatan yang layaknya Intel Pentium. pada awalnya EDORAM dimaksimalkan untuk Pentium 66Mhz. Pada tahuhn 1994 yang lalu, RAM mulai dikenalkan dan pada tahun 1995 mulai buka/diperkenalkan secara luas.

5. RDRAM



RDRAM atau Rambus Dynamic Memory merupakan memori paling cepat untuk komputer yang dibuat oleh Rambus.
Memory RDRAM ini memiliki kecepatan hingga 133Mhz. RDRAM pada umumnya digunakan sebagai memory video yang dipasang pada kartu grafis, digunakan untuk cache memory, dan juga digunakan untuk memory sistem yang sesuai dengan workstation dan juga pada server yang memiliki kinerja yang cukup tinggi.

6. SDR SDRAM



SDR atau Single Data Rate merupakan salah satu memory yang mampu meminta perintah satu kali membaca dan hanya menulis setiap kali mengganti selai. contoh produk yang memakai RAM ini selain perangkat komputer dan video game konsol.

7. DDR SDRAM



DDR atau Double Data Rate memiliki teknik pengoperasian yang sama layaknya SDR SDRAM. keunggulannya adalah jika DDR memiliki kecepatan  kerja 2 kali lebuh cepat dari yang diminta oleh pembaca.

8. RAM Flash



Memory Flash atau Flash RAM merupakan tempat penyimpanan yang dapat dipindahkan atau ditulis (non-volati) namun datanya akan tetap tersimpan karena persiapan dayanya terputus.
Flash RAM memiliki sistem kerja seperti SSD. Memori ini pada umumnya dipakai

9. FPMRAM 


FPM atau halaman cepat akses dinamis akses memory uang dimiliki memori yang mempunyai akses ke halaman yang lumayan cepata. memori ini bekerja secara dinamis .
FPM DRAM paling sering digunakan sebelum versi terbaru dari DRAM keluar.

10. GDDR SDRAM



GDDR SDRAM adalah RAM yang pada umumnya dikhususkan untuk rendering video grafis dan juga digunakan pada kartu video.
daya yang digunakan GDDR hanya sedikit namun juga sedikit panas. hal yang mungkin akan terjadi adalah solusi sederhana dan peningkatan yang lebig tinggi.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama