Pengertian Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux Pada Komputer - Sistem Operasi Linux merupakan sistem operasi bebas dan sumber terbuka yang dibangun diatas Karnel Linux. Dendan lisensi bebas dan sumber terbukanya, Linux ini berbentuk sebuah aplikasi (Software) yang digunakan unutk menjalankan suatu sistem komputer. Linux juga merupakan satu jenis sistem operasi komputer yang bersifat open source dan mempunyai beragam jenis distro Linux yang ditampilkan

Sistem Operasi Linux umumnnya banyak digunakan user yang telah  mahir di dunia teknologi karena dalam penggunaannya membutuhkan keahlian  tertentu, mulai dari instalasi sistem, konfigurasi sampai dengan penggunaan aplikasi-aplikasinya.

Ini lah yang membedakan Sistem Operasi Linux dengan Windows  yang lebih user-friendly baik dari sisi tampilan antarmuka dan pengoperasian, walaupun sekarang ini Distro Linux yang tampilannya hampir menyerupai lebih newbie-friendly, seperti Linux Mint atau OS Elementary.

Setiap Distro Linux mempunyai karakteristik yang berbeda mulai dari tampilan & kerumitan hingaa tujuan penggunaannya. 

Linux adalah Sistem Operasi UNIX yang dikembangkan oleh ken thomposon dan Dennis Ritchie  pada tahun 1969. Ken dan Dennis juga merupakan penemu dari bahasa pemrograman C, yang mana menjadi dasar dari bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Macam-Macam Distro Linux Pada Komputer

Distro Linux adalah sebuah sistem operasi atau perangkat lunak yang dikembangkan menggunakan Kernel Linux. Ada berbagai macam Distro Linux. Berikut ini macam-macam dari Distro Linux daintara adalah :

1. Cent OS



Cent OS (Community Enterprise Operatyng System) dikembangkan oleh The Cent OS Project dengan menggunakan kode sumber dari Red Hat.

2. Open SUSE



Distro Linux ini dikembangkan oleh Open SUSE Project dengan tujuan supaya kinerja pada Linux lebih stabil dan user-friendly.

 3. Fedora



Fedora merupakan Distro Linux yang dalam pengembangannya disponsorkan oleh suatu perusahaan yaitu perusahaan Red Hat yang juga menciptakan Distro Linux.

 4. Ubuntu 



Ubuntu merupakan Distro Linux yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan asal Afrika Selatan yaitu Canonica Itd. Nama Ubuntu juga berasal dari bahasa Afrika Selatan yang memiliki arti "Kemanusiaan".

5. Mandrake (Mandriva)



Sistem Operasi Mandrake ini peratama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Mandriva. Sistem Operasi ini juga menggunakan sistem RPM Package Manager.

6. Red Hat


Red Hat adalah Distro Linux dan menjadi sistem operasi pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager. Red Hat dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Red Hat Inc.

7. Mint



Distro Linux Mint ini dibuat dengan berbasiskan pada Debian dan Ubuntu. Keunggulan dari sistem operasi ini adalah penggunaannya yang ringan dan memudahkan bagi pengguna unutk menggunakan Distro Linux Mint ini.

 8. Debian



Debian diciptakan pertama kali oleh Ian Murdock dan menjadi salah satu Distro Linux yang paling diminati oleh pengguna karena tingkat keamanannya yang begitu tinggi. Debian biasanya digunakan sebagai sistem operasi server.

Post a Comment

أحدث أقدم